MUSRENBANG (MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN )

DESA TUMBANG SIRUK KECAMATAN MIRI MANASA KABUPATEN GUNUNG MAS

PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Kegiatan Musrenbang Desa di Desa Tumbang Siruk sesuai jadwal yang diberikan oleh Kecamatan minggu kedua Bulan September tahun 2018 yaitu pada tanggal 13 September 2018. Kegiatan ini sesuai amanat Undang – Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, kegiatan / rapat desa harus diselenggarakan oleh BPD (Badan Permusyawatan Desa) yang dimana dipimpin oleh Wakil Ketua BPD Desa Tumbang Siruk, yang dilaksanakan di Kantor Desa Tumbang Siruk, yang dihadiri oleh unsur pemuda, tokoh masyarakat, unsur pendidikan dan kami sebagai pembina yaitu Unsur Kecamatan Miri Manasa.

Tim Kecamatan yang terdiri dari Sekretaris Camat Miri Manasa : Jhonson Ahmad, SE, M.Si, Kasi Pem: Suparno, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) : Sukur Apriadi, S.IP, serta staf Pelaksana Kantor Kecamatan Miri Manasa yaitu Jonedi, dan PTT : Sandi

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menampung aspirasi masyarakat dalam pembangunan Desa untuk Tahun 2019 yang tidak bisa dibiayai oleh Dana Desa dan Alokasi Dana Desa atau yang menjadi Hak pembangunan dari pihak Kabupaten. Adapun hal – hal yang menjadi prioritas usulan yang diusul oleh masyarakat Desa Tumbang Siruk yaitu :

Bidang Pembangunan yaitu Pembuatan Sarana Air Bersih Desa Tumbang Siruk

Bidang Pendidikan yaitu penambahan Guru karena hanya ada 2 orang guru saja di Desa Tumbang Siruk, sehingga membuat murid SD sangat ketinggaan dan kebanyakan dari mereka dari keluhan masyarakat tidak bisa / tdk lancar dalam membaca dan menulis.

Demikianlah Kegiatan Tim Kecamatan dalam memfasilitasi Kegiatan Musrenbang Desa di Desa Tumbang Siruk Kecamatan Miri Manasa Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah Indonesia.